Tujuh Kekuatan Besar Manusia

Dalam diri setiap manusia sebenarnya terdapat tujuh kekuatan utama. Bukan kekuatan yang dimiliki oleh Power Ranger, Spiderman, SuperMan, Batman, Cat Women maupun Sailor Moon. Ke-tujuh kekuatan ini merupakan anugerah yang diberikan Tuhan kepada setiap manusia agar mereka bisa mengarungi hidup ini penuh dengan kesuksesan. Bila ke-7 kekuatan ini bisa dimaksimalkan, jangan kaget bila kekuatan anda akan menjadi tujuyh kali lipat dibanding manusia lainnya. Berikut adalah tujuh kekuatan utama tersebut :

  1. Kekuatan Impian (The Power of Dream)

Agar memiliki tujuan hidup yang jelas, kita harus memiliki impian. Menumbuhkan keberanian diri untuk memimpikan hal-hal yang indah, hal-hal yang ingin kita capai dalam hidup. Tanpa kita sadari bahwa semua hal yang kita impikan akan mendorong otak kita untuk terus memikirkannya sebagai hal yang positif. Kemudian, dengan pemikiran yang positif maka daya pikir bawah sadar akan menggerakkan kita untuk mencapai mimpi-mimpi tersebut menjadi kenyataan.

  1. Kekuatan Pikiran (The Power of Mind)

Pikiran adalah anugerah yang diberikan Tuhan kepada semua manusia. Anugerah besar dan amat luar biasa ini harus dimanfaatkan dengan baik demi kebaikan hidup kita. Dengan memahami cara kerja dan mengetahui bagaimana mendayagunakan kekuatan pikiran maka kita mampu menciptakan hal-hal terbaik bagi hidup kita sendiri.

  1. Kekuatan Fokus (The Power of Focus)

Untuk melihat sesuatu agar nampak lebih jelas dan tepat dibutuhkan suatu daya yang disebut fokus. Fokus bagaikan kacamata yang berguna sebagai alat bantu seseorang untuk melihat dengan lebih jelas. Daya fokus membawa kita pada penglihatan yang jelas akan impian, sasaran dan kekuatan kita. Dalam hal apapun, fokus adalah hal yang penting juga untuk memaksimalkan segala usaha yang kita lakukan.

  1. Kekuatan Perjuangan (The Power of Survival)

Demi mendapatkan sesuatu yang kita inginkan, kita harus berjuang untuk mendapatkannya. Setiap manusia diberikan kekuatan untuk menghadapi kesulitan, bangkit dari kegagalan dan menerjang penderitaan untuk tetap bertahan. Seringkali kita lupa untuk belajar menghadapi kegagalan. Padahal kegagalan adalah syarat utama untuk mencapai kesuksesan.

  1. Kekuatan Pembelajaran (The Power of Learning)

Tak ada sesuatu yang langsung bisa dikuasai tanpa adanya proses pembelajaran. Ketika kecil, kita belajar untuk berjalan, belajar bicara, belajar makan dan semua hal yang biasa dilakukan manusia dalam hidup. Kita tidak serta merta langsung bisa menguasai semua itu hingga kita bisa hidup layak sperti sekarang. Mungkin orang tidak akan bisa berjalan atau bicara sampai ia dewasa jika ia tidak mempelajarinya. Itulah bukti bahwa hidup itu penuh pembelajaran. Hidup adalah hasil dari proses belajar. Belajarlah dan jangan berhenti untuk belajar karena bukanlah suatu kerugian yang akan didapat dari belajar melainkan manfaat yang luar biasa yang pasti berguna bagi diri kita.

  1. Kekuatan Cinta (The Power of Love)

Cinta adalah anugerah yang dirasakan amat indah oleh setiap insan di dunia ini. cinta adalah kenikmatan. Cinta pada apapun, cinta pada Tuhan, cinta pada sesame umat manusia, cinta pada lingkungan dan cinta pada makhluk Tuhan yang lainnya. Dengan cinta hidup akan terasa berwarna. Contoh kecilnya, seorang lelaki yang mencintai seorang perempuan dengan tulus maka ia akan mengerahkan apapun untuk memperjuangkan cintanya, melakukan apa saja agar orang yang dicinta bahagia. Semua itu dilakukan atas nama cinta. Tanpa disadari cinta akan memberikan kekuatan kehidupan. Cinta adalah kekuatan besar yang bisa membawa diri kita pada keberhasilan, selama kekuatan itu digunakan dalam hal yang positif.

  1. Kekuatan Disiplin Diri (The Power of Discipline)

Setiap apa yang kita kerjakan akan menjadi sebuah kebiasaan jika dilakukan secara konsisten dan terus menerus. Pengulangan menjadi kekuatan yang dahsyat dalam mencapai keunggulan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa ‘Kita adalah apa yang kita lakukan berulang-ulang’. Untuk membangun kebiasaan tersebut dibutuhkan suatu disiplin diri yang kokoh, karena menjadi pribadi disiplin berarti mampu mengalahkan kelemahan diri, mengendalikan diri dalam mencapai impian dan hal yang diinginkan dalam hidup.