MANFAAT PERTENGKARAN DALAM RUMAH TANGGA

Banyak orang mengatakan bahwa pertengkaran dalam rumah tangga merupakan bumbu yang wajib. Pernikahan akan hambar bila tanpa bumbu yang satu ini, namun jika terlalu banyak tentu tidak baik juga. Sangat wajar jika pasangan suami istri melewati beberapa pertengkaran, karena memang dua kepala dan dua hati yang berbeda itu cukup sulit untuk saling memahami satu sama lain. Butuh waktu yang lama dan pengertian yang tidak sedikit dari masing masing pasangan untuk meminimalisir pertengkaran dan masalah dalam rumah tangga.

Banyak pasangan suami istri menilai bahwa bertengkar dengan pasangan kita hanya akan membuat buruk dan runyam suatu hubungan. Akan tetapi ternyata hal itu tidak sepenuhnya benar, kenyataannya pertengkaran suami istri juga dapat memberikan dampak positif dan manfaat tersendiri bagi hubungan pernikahan.

Bertengkar dengan pasangan saat menjalin hubungan, terutama setelah pernikahan ternyata juga dibutuhkan oleh pasangan agar pernikahan tidak membosankan dan terasa hambar. Selain itu, pertengkaran dalam rumah tangga juga dapat menjadikan hubungan cinta lebih sehat dan juga membuat perasaan menjadi lebih lega. Selain hal tersebut, pertengkaran dalam rumah tangga juga mempunyai beberapa manfaat lain. Berikut 4 Manfaat Bertengkar Dengan Pasangan

  1. Bisa Lebih Memahami Sifat Pasangan

Seseorang termasuk pasangan Anda akan menujukan beberapa sifat aslinya kepada orang lain apabila dia sedang marah. Demikian halnya dengan suami atau istri Anda. Ketika dia sedang marah atau merasa sangat kesal dengan Anda, maka beberapa sifat aslinya dapat keluar. Mungkin saat itu dia marah besar, berteriak-teriak atau juga mungkin dia malah menghancurkan berbagai barang pribadi miliknya. Padahal ketika dia sedang dalam kehidupan bahagia dia sama sekali tidak terlihat seperti itu, atau Anda sama sekali tidak menyangka bahwa dia memiliki sifat demikian. Jadi, apabila pasangan Anda sedang marah, Anda bisa mengetahui karakter pasangan yang selama ini tidak Anda  ketahui sama sekali.

  1. Belajar Bersikap Dewasa

Bagi Anda yang masih memiliki sifat kekanak-kanakan dan terkesan kurang dewasa, menghadapi masalah dalam rumah tangga seperti pertengkaran dengan pasangan dapat merubah sifat Anda itu. Ketika ada masalah Anda pasti akan berpikir dengan ekstra keras untuk dapat menyelesaikan masalah itu secara bijak agar hubungan Anda dengan pasangan tetap baik dan juga rumah tangga tetap harmonis. Tanpa Anda sadari, hal ini telah membuat Anda telah belajar untuk bersikap makin dewasa.

  1. Bisa Menjadi Menyenangkan

Memang bertengkar dengan pasangan bukanlah suatu hal yang bisa dikatakan menyenangkan, akan tetapi percayalah bahwa kebahagiaan pasti akan datang pada Anda berdua setelahnya. Setelah masalah dan pertengkaran dengan pasangan terselesaikan, maka Anda dan pasangan akan kembali dapat tertawa bersama-sama. Perkelahian kecil dapat terasa menyenangkan setelah pertengkaran mereda dan Anda dapat bersama kembali dengan pasangan, bahkan lebih erat.

  1. Memperkuat Hubungan

Pertengkaran dalam rumah tangga dapat membuat hubungan pernikahan menjadi semakin kuat. Mungkin Anda sama sekali tidak setuju dengan perkataan ataupun sikap pasangan, begitu juga sebaliknya. Ketika Anda berkonflik dengan suami atau istri, uneg-uneg Anda dan juga pasangan akan keluar, sehingga membuat saling mengerti terhadap apa yang diinginkan oleh masing-masing. Dengan demikian, hubungan Anda dapat semakin menguat dan sehat. Memang dapat bertahan atau tidaknya hubungan pernikahan itu bukan tergantung pada sering ataupun tidaknya pasangan tersebut bertengkar. Namun, jika disikapi secara positif, pertengkaran dalam rumah tangga juga bisa menjadi salah satu faktor penguat hubungan cinta Anda dengan pasangan.

Itulah 4 manfaat pertengkaran dalam rumah tangga bagi Anda yang mau mengambil hikmah. Selalu mengambil sisi positif dari setiap hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *