Deretan Mitos Jawa Tentang Jodoh, Percaya Nggak?

Budaya Jawa masih kental sekali dengan berbagai mitos. Misalnya saja mitos jawa tentang jodoh. Ada beberapa mitos yang bisa menyebabkan Anda enteng jodoh. Tapi ada juga beberapa mitos yang menyebabkan Anda sulit menemukan jodoh.

Tetapi apapun mitos jawa yang mengatakan tentang jodoh, kuasa Tuhan tetap lah lebih besar. Jodoh merupakan kuasa Tuhan. Kita sebagai manusia biasa tidak tahu misteri Tuhan. Tapi yakin lah bahwa Allah SWT akan memberikan jodoh yang terbaik bagi hambaNYA.

Anda tidak diharuskan mempercayai dan mempraktekan mitos Jawa tentang jodoh. Mitos Jawa ini bisa Anda lakukan hanya sebagai bentuk penghormatan budaya Jawa dan menghormati tetua. Yuk kita simak mitos jawa mengenai jodoh di bawah ini.

  1.   Agar segera bisa menyusul ke pelaminan, Anda bisa mengambil bunga melati yang dipakai pengantin tanpa ketahuan

Mitos yang pertama yaitu mengambil bunga melati yang dipakai pengantin tanpa sepengetahuannya. Orang tua Jawa pada zaman dahulu mempercayai jika mengambil bunga melati tanpa sepengetahuan pengantin, nanti akan cepat menikah.

 

  1.   Biar enteng jodoh, Anda bisa mandi 7 sumur yang berbeda

Orang tua zaman dulu juga suka mewanti-wanti kepada anak gadisnya untuk mandi tujuh sumur yang berbeda agar cepat mendapatkan jodoh. Ternyata mitos ini masih dipercayai beberapa orang sampai sekarang loh.

 

  1.   Hobi duduk di depan pintu katanya jodohnya gak jadi datang loh

Mitos yang ketiga yaitu jika suka duduk di depan pintu katanya jodoh akan sulit datang. Orang tua zaman dulu mengatakan jodohnya akan terhalang dan nggak jadi datang.

 

  1.   Jangan suka menolak lamaran, nanti jodohnya susah datang lagi

Mitos yang keempat yaitu katanya jika suka menolak lamaran orang maka jodohnya akan sulit datang. Mungkin orang tua zaman dulu menggunakan mitos ini alasanya tidak baik jika menolak lamaran. Karena melamar merupakan salah satu tujuan baik. Jika menolak maka sama saja menolak kebaikan. Tapi menikah merupakan salah satu ritual yang sebisa mungkin hanya sekali saja seumur hidup maka sebaiknya pertimbangkan jodoh dengan sebaik-baiknya.

 

  1.   Pasangan yang wajahnya mirip biasanya berjodoh

Mitos yang kelima yaitu jika memiliki wajah yang mirip biasanya berjodoh. Banyak yang bilang dan mempercayai jika memiliki wajah yang mirip katanya berjodoh.

 

  1.   Cuci muka dengan air bekas siraman katanya bisa enteng jodoh

Mitos keenam yang masih dipercayai hingga kini yaitu cuci muka dengan air bekas siraman katanya bisa mempermudah bertemu dengan jodoh. Makanya hingga sekarang tak heran jika selesai prosesi siraman akan berebut mengambil air bekas siraman. Tujuannya agar segera bisa bertemu dengan jodoh.

 

  1.   Kalau suka makan sayap ayam, bisa jadi nanti jodohnya tak kunjung datang

 

Mitos yang terakhir yaitu dikaitkan dengan makanan. Jika kamu suka makan sayap ayam dikatakan jika jodohnya nanti tak kunjung datang. Tetapi ada juga yang bilang jika akan mendapatkan jodoh orang jauh. Bagi orang tua yang tidak menginginkan anaknya lambat menikah atau mendapatkan jodoh orang jauh, beda kota, maka mereka akan melarang anaknya memakan sayap ayam.

Nah itulah ketujuh mitos jawa tentang jodoh. Beberapa orang masih mempercayai mitos tersebut agar segera bisa mendapatkan jodohnya. Tapi apabila Anda saat ini masih kesulitan menemukan jodoh, Anda bisa berkonsultasi dengan Ning Asmara, pakar percintaan dan hubungan rumah tangga yang sudah menangani ratusan kasus asmara dan rumah tangga. Anda bisa berkonsultasi dengan beliau di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *