Mengenal Asmak Malaikat

 Apa itu Asmak Malaikat?

Asmak Malaikat adalah sebuah ajaran spiritual jawa yang inti ajarannya  adalah memohon kepada Tuhan agar kita diberi pertolongan melalui  perantara malaikat-Nya. Asmak Malaikat yang berasal dari Sunan Muria  ini bukanlah ajaran agama tertentu, melainkan sebuah tradisi yang  mengajarkan suatu teknik olah batin dan usaha spiritual yang diyakini  bisa menjadi jalan meraih tujuan tertentu.

Apabila dibenarkan menggunakan istilah “ilmu” untuk menyebut tradisi  ini, maka Asmak Malaikat bisa disebut sebagai salah satu bentuk dari  ilmu metafisika, ilmu supranatural, ilmu paranormal, ilmu spiritual, ilmu  kasepuhan (kejawen), ilmu batin, ilmu mistik, ilmu esoterik, atau ilmu  gaib. Dalam bahasa kita sehari-hari, tidak ada kesepakatan mengenai  definisi berbagai istilah ilmu non-ilmiah ini. Setiap praktisi spiritual  mempunyai pengertian yang berbeda-beda. Namun kami rasa, semua  orang bisa memahami dengan mudah bahwa yang dimaksud dengan ilmu  metafisika dan semacamnya itu adalah sebuah ajaran tentang perilaku-  perilaku tertentu untuk melatih kekuatan spirit (energi jiwa/roh) atau  energi yang tidak terlihat.

Menurut arti bahasa, Asmak Malaikat terdiri dari dua kata dari bahasa arab, yaitu Asmak (asma’) yang artinya nama dan Malaikat adalah makhluk gaib dari cahaya yang bertugas mengurusi perputaran kehidupan dunia, termasuk memberi bantuan kepada manusia yang dikehendaki Tuhan. Malaikat merupakan ciptaan Tuhan yang terpelihara daripada perbuatan jahat. Mereka tidak bernafsu, tidak punya keinginan, tidak berjenis kelamin, tidak bersuami atau isteri, tercipta tanpa proses seksual ayah-ibu dan tidak beranak.

Para Malaikat tidak tidur, tidak makam serta tidak minum dan selalu mematuhi perintah Tuhan. Mereka mampu menjelma dalam bentuk apa saja yang dikehendaki dengan izin Tuhan. Sebenarnya, jumlah malaikat banyak sekali. Tidak ada yang tahu secara pasti berapa jumlahnya. Namun umumnya orang hanya mengenal beberapa nama malaikat yang disebutkan dalam kitab suci.

Menurut keterangan Mbah Ahmad Anshori (penemu Asmak Malaikat), setiap orang yang mengamalkan Asmak Malaikat -untuk selanjutnya kami sebut “Praktisi Asmak Malaikat” atau “praktisi” saja-, maka dirinya selalu dilindungi oleh beberapa malaikat. Nama-nama malaikat yang diyakini membantu praktisi Asmak Malaikat disebutkan satu per satu dalam kalimat afirmasi Asmak Malaikat Tingkat Tiga. Namun karena indera manusia secara “default” tidak dirancang untuk bisa melihat dan berkomunikasi dengan malaikat, maka umumnya hanya pancaran energi dari malaikat saja yang bisa dirasakan manusia. Meskipun demikian, tidak tertutup kemungkinan, apabila seorang Praktisi Asmak Malaikat akan bisa melihat dan berkomunikasi dengan Malaikat. Semua itu tentunya dengan izin Tuhan Yang Maha Kuasa.