5 Amalan Bulan Ramadhan Sesuai Dengan Sunnah Rasul SAW

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh ampunan bagi seluruh ummat muslim didunia. Bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang sangat suci bagi umat islam karena dibulan Ramadhan ini berbagai perbuatan dapat dilipatgandakan pahalanya. Bahkan dikatakan pula tidurnya orang yang berpuasa dibulan Ramadhan adalah termasuk ibadah.

Jadi jangan sia-siakan amalan bulan Ramadhan yang belum tentu ditahun depan akan kita temui lagi. Karena umur manusia tiada yang tahu. Yang tahu hanya sang Maha Pencipta yaitu Allah SWT.

Dibulan yang suci Ramadhan ini manfaatkanlah waktu sebaik-baiknya. Walaupun tidurnya orang yang berpuasa dibulan Ramadhan adalah ibadah bukan berarti kita hanya tidur saja. Tidur saja dianggap sebagai ibadah. Apalagi kalua kita melakukan perbuatan yang bermanfaat tentunya lebih baik lagi bukan?

Perintah puasa dibulan Ramadhan hukumnya wajib. Bagi siapa saja yang beriman wajib melakukan puasa Ramadhan. Hal itu sesuai perintah Allah dalam Al-Qur’an sebagai berikut:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” [QS. Al-Baqarah (2): 183]

Perintah itu jelas agar kita semua melakukan puasa Ramadhan. Lalu apa saja amalan dibulan Ramadhan?

Berikut ini adalah amalan-amalan bulan ramadhan yang sesuai dengan sunnah rasul saw:

  1. Berpuasa (Shiyam)

Amalan bulan Ramadhan yamg paling utama adalah berpuasa. Hal ini diperintahkan Allah swt. dalam Al-Quran surat Al-Baqarah (2) ayat 183-187. Oleh Karena itu, agar puasa yang kita jalankan tidak sia-sia, perdalamlah wawasan kita tentang puasa yang benar dengan mengetahui dan menjaga rambu-rambunya. Sebab, puasa bukan sekedar menahan untuk tidak makan dan tidak minum. Tapi, ada rambu-rambu lain yang harus ditaati. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah saw., “Barangsiapa berpuasa Ramadhan kemudian mengetahui rambu-rambunya dan memperhatikan apa yagn semestinya diperhatikan, maka hal itu akan menjadi pelebur dosa-dosa yang pernah dilakukan sebelumnya.” (HR. Ibnu Hibban dan Al-Baihaqi)

  1. Membaca Al-Qur’an (Tilawah)

Al-Qur’an diturunkan pertama kali di bulan Ramadhan yaitu pada malam 17 Ramadhan. Maka tak heran jika Rasulullah saw. lebih sering dan lebih banyak membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan dibandingkan di bulan-bulan lain. Imam Az-Zuhri berkata, “Apabila datang Ramadhan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Al-Qur’an.” Bacalah dengan tajwid yang baik dan tadabburi, pahami, dan amalkan isinya. Insya Allah, kita akan menjadi insan yang berkah.

Lakukanlah amalan bulan Ramadhan ini. Biasanya kalua kita jarang membaca alqur’an. Maka dibulan Ramadhan bacalah Al-Qur’an secara istiqomah. Buatlah sebuah jadwal khusus dimana kamu harus membaca Al-Qur’an.

Ataupun kalaa dihari-hari biasa kita membaca Al-Qur’an hanya satu halaman, maka dibulan Ramadhan kita tambahi misalnya 1juz per hari.

  1. Memberi makanan untuk berbuka puasa

Amalan bulan  Ramadhan yang ketiga adalah memberi makan untuk berbuka puasa. Hal ini sesuai hadist berikut ini:

“Barangsiapa memberi makanan berbuka kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut.” (HR. Turmudzi dan An-Nasa’i)

Memberi makan untuk orang berpuasa adalah salah satu contoh dari bentuk kedermawanan kepada kita semua. Masih banyak hal lain yang juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW diantaranya adalah sedekah.

  1. Shalat Tarawih

Amalan Bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah shalat tarawih. Ibadah shalat tarawih hukumnya bukanlah wajib melainkan sunnah. Tarawih hanya dilaksanakan pada bulan Ramadhan untuk waktunya adalah setelah shalat isya’. Shalat tarawih boleh dkerjakan secara sendirian ataupun berjama’ah.

  1. Zakat Fitrah

Amalan bulan Ramadhan yang ke lima adalah zakat fitrah. Zakat fitrah hukumnya wajib bagi manusia yang beriman. Baik itu laki-laki maupun perempuan, anak-anak maupun dewasa. Tujuan dari zakat fitrah ini adalah untuk mensucikan harta kita. Selain itu juga untuk membantu fakir miskin.

 Itu adalah amalan bulan Ramadhan yang perlu kita pahami. Agar kita selalu mendapat limpahan rahmat dan berkah dari bulan Ramadhan. Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *